escaperjourney

1 Day with 3 Persons at 3 Countries

In travelling on April 23, 2011 at 1:46 pm

@nancyrevaline

Jalan darat Kuala Lumpur-Singapore tidak jauh, dan mudah. Banyak literatur mendukung melakukannya.

Enam jam dengan bus atau kereta, dari airport – KL Sentral (Kuala Lumpur Sentral) lanjut Purudaya Station, terminal bus antar kota terbesar. Kami stick with that plan sampai sapaan supir taxi membuyarkan kebingungan kami.

“Hey Brade, mau kemana?” mereka langsung menuding Agus.

“Purudaya Station Brade, jalan lewat mana?” sahutku

“Cem mana mau ke Purudaya station? Is closed, renovation! Naik teksi saja, only 25 RM, tak usah ke konter,” katanya.

Kami berpandang-pandangan.  Ha ha ha ha, (meringis) Is closed dude!

Artinya, ubah rencana dan harus naik kereta sebab KL sentral adalah pusat stasiun kereta dalam dan luar negeri. Meski lebih mahal tapi hemat dibanding taxi.

Tapi ternyata aksi no Taxi itu membuahkan hasil menyebalkan. Supir-supir itu ngerubung kaya lebah semakin jauh berjalan, bertambah pula yang mengikuti.

“Ke Singapore,” ujarku asal.

“Tak naik Taxi saja! Kasih sudah 20 RM! Nanti kembali price naik,” geleng-geleng sampai sayup suara mereka menjauh.

Hiasan Deepavalli Festival berwarna merah, hijau, biru adalah hal pertama yang saya lihat. Kuala Lumpur rupanya sedang merayakan hari api, salah satu hari besar Hindhu.  Tapi bukan artinya kami beruntung.

“Singapore habis semua sudah tak ada lagi tiket! Besok bisa jam 8.00 pagi. Naik saja bus di Boket Jalel atau Teksi atau train” lemas saya mengangguk terbuai logat Melayunya yang butuh waktu lama dicerna. Nancy buru-buru memberikan notes saya untuk digambari rute perjalan selanjutnya.

Jadi, menuju Bukit Jalil harus menggunakan dua buah jenis kereta dalam kota yang berbeda.

1. KTM (Kereta Tanah Melayu)

Jalurnya adalah rel peninggalan zaman Inggris dahulu. Meski jalurnya masih di pakai namun sekarang sudah berubah menjadi komuter. Dari Kl sentral untuk mencapainya jauh sekali hingga 2 km dari konter keberangkatan antar negara. Sialnya, tidak semua orang tahu letaknya, bahkan polisi kebingungan.

2. LRT (Light Rail Transit)

Kereta ini jenis baru dan dioperasikan pakai listrik. Di negara lain ada yang disebut dengan Metro, biasanya memang beroperasi di bawah tanah.

Pembelian tiket kedua mass trasnport itu masih tradisional bukan vending machine. Tidak terbayang kalau mesti berkutat berikir cara mengoperasikannya vending sambil nggembol ransel, kamera, tripod. Argh!

Total pengeluaran LRT dan monorail hanya 5 RM, untuk tiga orang. Artinya sekitar Rp.15 ribu saja, jauh lebih murah dibanding taxi.

Pukul 11.30 waktu Kuala Lumpur kami sampai dan “masih” harus jalan. Untunnya meja-meja penjualan tiket temporer di bawah tenda putih, riuh ramai calo penjaja. Kami mendapatkan harga yang reasonable yaitu RM 32 untuk 29 seater.

Masuk bus, bernafas lega, bisa tidur dan dingin. Entah apa yang dipikirkan oleh orang di sekitar kami. Jangan-jangan dalam hati mereka teriak, ”Macam beruk saja bau orang-orang indon ini!”

Day one, Done! Dan bersiap escape ke negara selanjutnya. Kalau dihitung dalam 24 jam kami berada di 3 negara yang berbeda. Sarapan di Indonesia, makan malam Malaysia, dan sarapan lagi di Singapura. Bukan cuma milyuner yang bisa, escaperpun melakukannya.

Notes:

1. Mengatasi supir taxi di Kuala Lumpur

-Cuekin aja!

hasil: dikutin terus menerus sampai mau menjawab, mereka berusaha mengeluarkan kemampuan aneka bahasa. Mulai dari hokkien, melayu, inggris dan lainnya.

-Tolak dengan Halus

hasil:dikerubuti supir taxi lain seperti adegan pengeroyokan di televisi. Masing-masing meyakinkan hanya taxi yang bisa membantu

-Bicara bahasa Afrika

hasil: ini belum saya coba, tapi saya benar-benar ingin tahu bagaimana hasilnya apakah tiba-tiba mereka menganggap saya orgil atau mabuk kemudian menyerahkan ke polisi

btw, ini tips yang paling benar jangan berdebat dengan supir taxi Kuala Lumpur. Di salah satu posting nanti akan saya jelaskan alasannya.

2. KL Sentral merupakan tempat berkumpul berbagai kereta api dari segala jurusan.  Kereta di Kuala Lumpur sangat bersih dan sopan, tampilannya cantik serta bersih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: