escaperjourney

Top Less di Negeri Singa

In travelling on May 26, 2011 at 5:19 am

Selama ini, buat saya Singapura tak ubahnya bagai mall besar seluruh kota.Tapi kali ini berbeda, Singapura bisa memiliki berbagai pemandangan menakjubkan caranya, kudu top less!

Heits, jangan salah sangka dulu. Bukan artinya kita bakalan berbikini di negeri singa tersebut.

Hampir sama dengan negara maju seperti London, Melbourne dan lainnya, Singapura sangat peduli dengan kenyamanan turisnya. Mereka memiliki tour unik yang yaitu Hop Off, Hop On Bus.  Yaitu, sebuah bus Top Less atau tanpa atap. Penumpang bisa sesuka hati hop on (naik) dan hop off (turun) bagaikan bus biasa dari Pk. 08.00-18.00 setiap harinya.

Cara ikutnya, tinggal bayar tour kemudian tunggu di shutle terdekat, dan busnya datang sendiri setiap 10 menit.

Hal ini sangat memudahkan turis yang tidak disiplin seperti kami yang emoh buat mengikuti jadwal, di kejar-kejar tour leader, serta hobi motret yang harus menunggu lama. Hebatnya lagi tidak takut kesasar loh.

Fasilitasnya apa? (pemilik tour ini harus bayar ke saya heheh)

Ada tiga bus pariwisata dengan tiga jalur berbeda yang bertemu di satu titik. Semuana lengkapi dengan tour guide digital dalam banyak bahasa. semacam MP3 dilengkapi headphone. Tak lupa sebagai bagian dari fasilitas, peserta tour di bekali peta, jadwal bus, dan tiket untuk masuk hampir ke semua museum, taman dan arena permainan (singapore flyer, gratis)! Seru bin ajaib lah!

1. City Tour

Pengunjung diajak berkeliling kota saja, sesuai judulnya. Mereka akan berhenti di stop-stop yang mengagumkan, contoh Esplenade, Raffles Hotel, Singapura Flyer (flyer terbesar di dunia) juga berbagai tempat lainnya. Tapi gunanya terbatas melihat pencakar langit juga museum tertentu serta berhenti di botanical garden (free).

singapore flyer

2. Heritage Tour

chinna town

photo @agoessam

Kalau di Jakarta istilahnya jalan-jalan ke kota tua, mungkin.  Mulai dari Chinna Town, Arab Street, Litle India, kuil-kuil boleh  di jelajahi di sini. Kami sempat melihat poster DVD Cinta Fitri yang booming di kalangan orang Melayu Singapura. Disetiap distrik suasannya berubah bagaikan pindah negara. Ada satu nasi lemak jalanan enak dan murah di dekat Pasar Mustafa, litle India yang bukanya 24 jam. usut punya usut pemiliknya orang Jawa, ealah! 

3. Rhino Tour

photo @agoessam

Namanya memang agak aneh, tapi bus ini membawa kita jalan hingga ke sentosa gratis (sudah termasuk paket). Kita bisa main-main seharian di Sentosa, tanpa harus bayar masuk ke pulaunya tapi tetap mengeluarkan biaya ke universal studio dll. Bahkan di malam hari jika beruntung bisa melihat Song of The Sea.

Bukan itu saja yang buat perjalanan ini berkesan. Kami juga mendapat pengalaman buat wisata air Singapura include di dalam tour topless, hop on hop off itu. Ada 2 tour air yang boleh kami ikuti selama 3 hari.

1. Duck Tour

Tour ini mengajak kita keliling air pakai mobil amphibi yang sempat ngetrend duli di Vietnam. Rutenya ada di gambar. Dengan tour ini baru kami tahu di Singapura ada 3 buah merlion, nenek, anak dan cucu. Si nenek di Sentosa yang gedenya ampun-ampun, sementara anak dan cucunya nunggu di tengah kota.  Dan kami yakin merlion itu singkatan dari mermaid lion. Pool nunggu duck ini ada di suntec mall juga Singapura Flyer. Jadi kalau dari city tour bus berhenti saja di dua tempat itu. Tunggu sebentar nanti ada si mobil duck datang, masuk deh wisata air.

2. Hippo River Tour

photo @agoessam

Nah kalau yang ini jalannya sama seperti bus tadi, hanya jalannya di air. Aturannya sama saja dia akan melewati Clark Quay, Boat Quay, Esplanade dan banyak lagi. Bisa naik dan berhenti sesuka hati. Istilahnya seperti bus air di Thailand.

Dasar orang gila, saya, Agus juga Nancy seakan tidak mau rugi kita naik semua fasilitasnya selama tiga hari non stop.  Kita berhenti di tiap tempat. Bahkan, kita berhasil nyelipin orang Singapore (wink-wink) untuk naik juga di bus. Mereka sungguh baik ngga ngecek bon, kuitansi, berlaga tolol aja pakai sticker mereka.

Setelah puas dengan layanan mereka, seperti yang di sarankan oleh tour tersebut promosikanlah. Ya, inilah hasilnya! Cobalah, menikmati Singapura dengan Top Less!

Notes:

1. Biro Tour yang kami pilih adalah http://www.ducktours.com.sg/sp.php

Untuk harganya lumayan mahal tapi kalau sudah ikut berasanya murah. Kami mengeluarkan uang $63 (Valued $210) alias Rp.400 an.  Sebab hampir semua tempat yang kami datangi sudah tidak dipungut biaya lagi.

2. Tour tersebut bisa di beli secara eceran, misalnya hanya ingin sight seeing saja, maka bayarnya $33, kemudian duck tour juga $33. Jika dijumlah maka hasilnya lebih mahal.

3. Kalau Anda turis baru di Singapura dan budget pas-pasan, saya benar-benar menyarankan ambil tour ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: